Bantuan untuk jemaat di Yerusalem

Selasa, 17 Januari 2023
Bantuan untuk jemaat di Yerusalem
Bacaan Alkitab : 1 Korintus 16:1-4

Saudara dalam ayat renungan hari ini Paulus memberi petunjuk kepada jemaat Korintus tentang mengumpulkan uang untuk keperluan tertentu yaitu kesusahan dan kemiskinan orang-orang Kristen di Yudea yang luar biasa pada saat itu. Paulus menjelaskan secara detail mengenai hal ini kepada jemaat di Korintus, mulai dari cara mengumpulkan, ukuran yang dipakai, kapan pengumpulan dilakukan, dll. Pada renungan hari ini kita akan berfokus pada ukuran yang dipakai. Dalam ayat 2 dikatakan sesuai dengan apa yang mereka peroleh. Yang dimaksud dari perkataan ini ialah sebagaimana mereka sudah dibuat sejahtera oleh pemeliharaan Ilahi. Sebagaimana Allah sudah memberkati dan membuat berhasil segala pekerjaan dan usaha mereka.
Saudara kesejahteraan, keberhasilan semua usaha serta pekerjaan kita datang dari Allah dan bukan dari diri kita sendiri. Karena kemurahan dan berkat-Nyalah kita memiliki segala yang kita miliki. Dan apa saja yang kita miliki harus digunakan, diberdayakan dan dimanfaatkan untuk Dia. Saudara, Allah sudah memberkati kita maka kita pun harus siap untuk meringankan beban orang-orang percaya yang membutuhkan. Jika kemurahan Allah telah mengalir dalam kehidupan kita maka kita tidak boleh membatasi hanya pada diri kita tetapi harus membiarkannya mengalir juga ke orang lain. 
Saudara, melalui renungan hari ini kita kembali diingatkan bahwa keberhasilan dari usaha atau pekerjaan yang kita terima itu semua berasal dari Allah. Oleh karena itu, Allah menginginkan pula berkat yang kita terima dari-Nya bukan hanya dinikmati hanya untuk diri kita sendiri. Allah menginginkan kita juga dapat menjadi orang percaya yang bermurah hati untuk menyisihkan berkat Allah untuk dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Kebaikan yang kita terima dari Allah haruslah menggugah kita untuk berbuat baik kepada orang lain. Oleh karena itu, semakin banyak kebaikan yang kita terima dari Allah maka semakin kita harus berbuat baik kepada orang lain. Marilah kita menjadi orang percaya yang murah hati terhadap orang lain selaras dengan kemurahan-Nya kepada kita.
Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah kita menunjukkan kemurahan hati kepada orang lain? Jika selama tahun 2022 kita belum melakukan hal tersebut, maka marilah kita membuat komitmen baru di hadapan Allah agar dalam tahun 2023 ini kita dapat menunjukkan kemurahan hati kepada orang lain. -Denal Sutanto-

Bermurah Hatilah Kepada Orang Lain Seperti Allah Yang Telah Menunjukkan Kemurahan-Nya Kepada Kita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)