Rajin dan Berhikmat

Rabu, 30 Desember 2020
Rajin dan Berhikmat

Bacaan : Amsal 21:5
Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan,…
Amsal 21 : 5a

Saudara berdasarkan ayat yang kita baca hari ini penulis amsal memberikan penjelasan mengenai 2 tipe orang dalam menjalani pekerjaan:
1. Orang yang rajin.

Yang dimaksudkan oleh penulis Amsal di sini adalah jika kita ingin hidup berkecukupan maka kita harus rajin bekerja dan tidak patah semangat dalam menghadapi berbagai masalah dalam pekerjaan. Dengan kata lain, kita juga harus melakukan apa yang bisa kita lakukan dengan sekuat tenaga, apapun jenis pekerjaan kita. Kita harus sungguh-sungguh dan berhati-hati, sehingga hasil dari pekerjaan kita pun berkualitas. Kemudian selain bersikap rajin, kita juga harus memiliki rencana dalam bekerja. Rancangan tersebut akan membantu kita lebih hati-hati dan bijaksana dalam bertindak. Ingatlah saudara, bahwa orang yang rajin dan bijaksana akan selalu hidup berkecukupan.
2. Orang yang tergesa-gesa. 
Ciri-ciri orang yang tergesa-gesa adalah orang yang bekerja dengan gegabah, tidak menimbang-nimbang, tidak mau mengambil waktu untuk berpikir, bersikap tamak dengan selalu ingin beruntung (entah dengan cara yang benar atau salah), tergesa-gesa ingin menjadi kaya dengan melakukan perbuatan tidak adil. Penulis Amsal menegaskan bahwa orang dengan ciri demikian sedang menempuh jalan mulus menuju kemiskinan. Segala pemikiran dan rancangan orang yang tergesa-gesa tersebut justru akan menghancurkan mereka sendiri.
 Saudara yang terkasih, penulis Amsal kembali mengingatkan kita bahwa tidak ada hal yang mudah dalam menjalani kehidupan dan pekerjaan. Tapi orang yang rajin dan bijaksana akan selalu berkecukupan dan berhasil. Dalam kesempatan akhir tahun ini, mari kita mengevaluasi tipe seperti apakah kita dalam bekerja selama ini? Jika kita masih termasuk dalam golongan orang yang tergesa-gesa, mari perbaiki. Sehingga tahun depan kita akan menjadi orang yang rajin dan berhikmat. -DENAL SUTANTO-
Orang Tergesa-Gesa Akan Memboroskan Waktu Untuk Memperbaiki Hasil Kerja Mereka Yang Setengah Jadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)