PERTIMBANGAN

Rabu, 9 Desember 2020
Pertimbangan
Matius 1:20-21


 Shalom, selamat pagi saudara yang terkasih. Senang bisa berjumpa lagi dalam Spiritual Life, untuk bersama-sama merenungkan kebenaran Firman Tuhan. Dan ayat perenungan kita hari ini terambil dari Matius 1:20-21.
 Dalam ayat yang sudah kita baca, kita melihat Yusuf yang dilepaskan dari pergumulannya melalui malaikat yang diutus dari sorga (ay. 20-21). Setidaknya ada dua hal yang dapat kita jadikan pelajaran melalui cerita Yusuf yang sedang dalam pergumulan, yaitu:
 Pertama, Allah akan menolong orang yang penuh pertimbangan. Ketika Yusuf mempertimbangkan maksudnya untuk menceraikan Maria, ia tidak tahu apa yang harus diputuskannya. Kemudian, Allah dengan penuh rahmat mengarahkan dia pada apa yang harus dia lakukan dan memberinya kelegaan. Perrhatikanlah saudara, bahwa mereka yang ingin memperoleh petunjuk dari Allah harus mempertimbangkan sendiri berbagai hal, dan bertanya-tanya pada diri mereka sendiri. Hanya mereka yang penuh pertimbangan, dan bukan yang sembrono, yang akan dibimbing Allah. Pada saat Yusuf kebingungan dan telah mencoba mempertimbangkan penyelesaian bagi masalah itu semampunya sebagai manusia, barulah Allah datang dan memberikan nasihat. 
 Kedua, Allah akan menolong pada saat kita kehabisan akal. Seringkali Allah datang untuk membawa petunjuk bagi umat-Nya adalah ketika mereka kehabisan akal dan tidak mampu lagi berbuat apa pun. Hal ini pula yang dialami Yusuf, pesan yang ia terima dari Allah melalui malaikat Gabriel sangat menenangkan jiwanya. Pesan Allah inilah, yang membuatnya yakin untuk mengambil keputusan sesuai dengan rencana Allah.
 Saudara, kesulitan atau pergumulan yang dialami Yusuf mungkin juga sedang kita alami saat ini walaupun dalam bentuk yang berbeda. Tetapi janganlah putus asa, mari kita belajar dari Yusuf yang mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang dan tidak bertindak gegabah. Serta mari selalu meminta pertolongan dan hikmat dari Tuhan sehingga kita tidak salah dalam mengambil keputusan. Denal Sutanto

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)