Menyambut Mesias

*Senin, 14 Desember 2020*
Menyambut Mesias
Bacaan : Matius 2:1-2 
“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem ” 
Mat. 2: 1


 Saudara di dalam bulan ini kita akan mencoba membahas firman Tuhan seputar peristiwa natal. Dan kali ini, ayat yang menjadi dasar perenungan kita adalah Maitus 2:1-2. Saudara dikatakan ada orang majus yang datang untuk menyembah Yesus. Siapakah orang majus ini? Dalam tradisi gereja barat disebutkan bahwa mereka berjumlah tiga orang raja, bersama dengan rombongan-rombongannya. Mereka disebutkan bernama Melkior, Caspar dan Beltazar. Mengenai asal dari para majus ini, ada beragam padangan ada yang berkata mereka berasal dari Persia, Kabilonia, Kaldia. Jika saudara membaca ensiklopedia britanica, disana dipresentasiakn ketiga orang majus ini berasal dari tiga daerah yang berbeda yaitu Melkior (Persia), Caspar (India) dan Beltazar (arab). Lalu apakah makna dari kedatangan ketiga raja ini ? 

Pertama, Kelahiran Kristus adalah penggenapan Nubuatan 
 Kedatangan orang Majus merupakan penggenapan dari nubuatan yang disampaikan oleh nabi Yesaya, seperti yang terdapat dalam Yesaya 60: 1-6, dan juga Mazmur 72:11. Bahwa raja-raja akan datang dan menyembah kepada Dia. Jadi kelahiran Kristus bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan, tetapi sesuatu yang sudah direncanakan dan dijanjikan Tuhan sebelumnya. 

Kedua, Yesus adalah lambang keselamatan untuk bangsa-bangsa 
  Makna lain dari kedatangan orang majus adalah untuk menunjukkan bahwa Kristus adalah raja untuk bangsa yahudi dan juga bangsa-bangsa lain. Saudara, akhir-akhir ini ada banyak tuduhan dari orang-orang yang tidak percaya, bahwa Kristus hanyalah nabi yang diutus kepada bangsa Yahudi saja. Tapi ini merupakan tuduhan yang keliru, karena Kristus diutus bukan hanya untuk bangsa Yahudi tapi juga untuk bangsa-bangsa lain. Dan hal inilah yang menjadi salah satu pesan Tuhan, melalui peristiwa kedatangan orang-orang majus. Yaitu bahwa Kristus adalah Raja atas bangsa-bangsa. -WELEM NOVI-

“Yesus Kristus Adalah Raja Atas Seluruh Umat Manusia”

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)