Allah yang Selalu Tepat

Senin, 7 Desember 2020
Allah Yang Selalu Tepat
Bacaan : Matius 1 : 18
“Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.”
Matius 1:18

 Saudara di dalam bulan ini kita akan mencoba membahas firman Tuhan seputar peristiwa natal. Dan kali ini, ayat yang menjadi dasar perenungan kita adalah Matius 1:18. Saudara di dalam ayat ini ada hal penting yang dapat kita pelajari tentang Tuhan, yaitu bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang menyediakan segala sesuatu pada waktu yang tepat. Saudara yang dikasihai Tuhan, di dalam ayat yang baru saja kita baca dijelaskan tentang bagaimana dan kapan Maria mengandung dari Roh Kudus, yaitu : Pada saat Maria sudah bertunangan dengan Yusuf tapi belum hidup sebagai suami istri. Ada dua alasan mengapa Allah memilih moment itu, yaitu :

1. Supaya Maria tidak dituduh melakukan dosa percabulan

 Saudara, jika Maria sudah mengandung dari Roh Kudus sebelum bertunangan dengan Yusuf maka ia akan dituduh melakukan dosa percabulan dan akhirnya dia bisa saja di hukum. Karena itulah Allah memilih waktu setelah maria bertunangan, dan memang dalam tradisi yahudi ada situasi dimana mereka sudah bertunangan tapi belum menikah seperti yang disinggung dalam Ulangan 20:7. Supaya Kristus tidak dituduh sebagai anak haram tapi dikenal sebagai anak Yusuf, tukang kayu itu.
2. Untuk menggenapi Nubuatan

 Saudara jika Maria sudah menikah baru kemudian dia mengandung dari Roh Kudus, maka Yesus akan dituduh sebagai anak biologis dari Yusuf yang berpura-pura menjadi Allah. Selain itu Mesias yang suci memang harus dilahirkan melalui seorang wanita perawan seperti yang sudah dinubuatkan dalam Yesaya 7:14. Bahasa Indonesia menggunakan istilah “perempuan muda” tapi kata “almah” bukan hanya bicara tentang perempuan muda tapi juga “perempuan yang masih perawan” . Karena itulah KJV menterjemahkan kata “almah” dengan “virgin” dan bukan “young woman”.
 Lalu apakah yang bisa kita pelajari dari hal ini, kita bisa melihat bahwa Allah kita adalah Allah yang mengatur segala sesuatu dengan tepat. Ia tidak pernah terlalu cepat dan tidak pernah teralalu lambat. Jika hari ini saudara sedang menghadapi persoalan, atau menantikan jawaban doa maka percayalah Tuhan pasti akan menjawab doa saudara pada waktu yang tepat. Terima kasih Tuhan Yesus memberkati kita semua. -WELEM NOVI-
“Waktu Tuhan Tidak Pernah Terlalu Cepat Dan Terlalu Lambat.”

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)