Melekat

Rabu, 16 Desember 2020
Melekat
Matius 2:5-6
…Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi.
Mat. 2 : 5


 Ayat yang baru saja kita baca merupakan jawaban yang diberikan oleh para ahli Taurat dan para imam tentang pertanyaan Herodes mengenai "di mana Mesias akan dilahirkan"? (ayat 4). Mereka yang dimintai pendapat oleh Herodes adalah para imam kepala yang memegang jabatan sebagai guru, dan para ahli Taurat, yang pekerjaannya mempelajari hukum Taurat. Walaupun sebenarnya Herodes sudah mengetahui bahwa Kristus harus berasal dari kampung Betlehem tapi ia tetap meminta pendapat orang-orang tersebut mengenai hal ini. Karena itu ia memanggil orang-orang yang tepat supaya ia merasa lebih puas. Para imam kepala dan ahli Taurat tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawab pertanyaan ini. Mereka pun tidak berbeda pendapat, semuanya setuju bahwa Mesias haruslah lahir di Betlehem, kota Daud, di tanah Yudea. 

 Saudara perhatikanlah, bahwa hati yang penuh nafsu kedagingan, akan menimbulkan kecemasan. Itulah yang dialami oleh Herodes. Ia mengajukan pertanyaan yang menggambarkan kecemasan batinnya. Keserakahan yang menguasai hatinya, membuatnya gelisah dan takut kekuasaannya yang ia miliki selama ini akan direbut orang lain. Hal ini pun serupa dengan apa yang dikatakan oleh Yesus bahwa, di mana hartamu berada disitulah hatimu berada. Herodes melekatkan hatinya pada kekuasaan dan jabatan yang ia miliki. Sehingga hanya kecemasan dan kegelisahan lah yang ia rasakan.
 Saudara, setelah kita merenungkan apa yang dialami oleh Herodes. Kita kembali diingatkan bahwa janganlah kita melekatkan hati kita pada apa yang kita miliki di dunia ini, entah itu harta atau kedudukan kita. Tapi mari kita selalu melekatkan hati kita pada Allah, Sang Pemilik segalanya. Sehingga hati kita akan selalu dipenuhi oleh damai sejahtera dan sukacita. -DENAL SUTANTO-

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)