Iman Para Gembala

Kamis, 24 Desember 2020
Iman Para Gembala
Bacaan: Lukas 2: 15-16
…gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “Marilah kita pergi ke Betlehem…”
Mat. 2: 15

 Setelah malaikat-malaikat menyampaikan berita kesukaan kepada para gembala. Para gembala berkata seorang kepada yang lain, “Marilah kita pergi ke Bethlehem untuk melihat apa yang terjadi disana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita” (ay. 15). Kalimat “Marilah kita pergi ke Betlehem…” dalam bahasa yun. dierchomai memiliki arti “menjelajah Betlehem.” Menunjukkan bahwa tanpa menunda-nunda mereka bersegera menjelajah Bethlehem untuk menemukan keberadaan Sang Mesias. Mengapa mereka segera menjelajah Bethlehem? Sebab mereka mempercayai dengan sepenuh hati apa yang disampaikan para malaikat. 

 Keteguhan iman para gembala semakin terlihat pada ay. 16, “Lalu mereka cepat-cepat berangkat…” Dalam bahasa Yunani kata “cepat-cepat” memiliki arti “berjuang untuk…”. Hal ini menunjukkan bahwa iman yang para gembala miliki mendorong mereka untuk berjuang mencari keberadaan Sang Juruselamat yang diberitakan oleh para malaikat. Dan, pada akhirnya mereka dapat menjumpai Maria, Yusuf dan bayi Mesias, yang terbaring dalam palungan di sebuah kandang domba (ay. 16). 

 Saudara, iman yang ditunjukkan para gembala adalah percaya tanpa sedikitpun meragukan apa yang diucapkan para malaikat. Hal ini sama seperti ketika kita menerima Firman Tuhan melalui khotbah atau renungan di waktu-waktu teduh kita. Apakah kita mempercayai FirmanNya dengan sepenuh hati? Sebab, respon iman kita terhadap apa yang dikatakanNya melalu Firman Tuhan akan mendatangkan kesukaan bagi Allah. Dengan demikian, mari responi kebenaran Firman Tuhan dengan iman yang teguh dan berjuang untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari. -THELIE HERLINA-

Iman Bukan Hanya Percaya Tetapi Percaya Kepada FirmanNya

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)