KARENA ENGKAULAH YANG EMPUNYA KERAJAAN

 

KARENA ENGKAULAH YANG EMPUNYA KERAJAAN


“dan janganlah 

membawa kami ke 

dalam pencobaan, 

tetapi 

lepaskanlah kami dari

 pada yang jahat.

 (Karena Engkaulah 

yang Empunya 

Kerajaan dan kuasa 

dan kemuliaan sampai 

selama-lamanya. 

Amin.) “  Matius 6:13


         Selamat pagi saudara yang dikasihi Tuhan, pagi ini kita akan kembali merungkan Firman Tuhan yang terambil dari Matius 6:13. Saudara kita masih melanjutkan pembahasan kita tentang doa bapa kami. Dan hari ini kita memasuki  pembahasan dalam ayatnya 13, di dalam ayat ini ada 2 hal yang dapat kita pelajari  dari doa Bapa kami, yaitu :

1.       Berdoa meminta perlindungan Tuhan

      Di dalam ayat-ayat yang kita baca, dijelaskan “janganlah membawa kami di dalam pencobaan, tetapi lepaskalah dari pada yang jahat.” Di dalam kalimat ini Kristus mengajarkan kita untuk berdoa meminta perlindungan Allah, agar kita tidak jatuh dalam berbagai-bagai macam pencobaan.  Ini bukan berarti Allah mencobai orang percaya, tapi lebih tepatnya Allah menjagai kita agar mereka tidak  masuk dalam situasi yang berada diluar kemampuan kita. 

2.       Berdoa mengagungkan kebesaran Tuhan 

     Kalimat berikutnya adalah “karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.”  Kalimat ini merupakan kalimat pengagungan atau biasa disebut dengan istilah Doxologi (yunani) yang secara harafiah berarti “kata-kata pengagungan” kepada Tuhan.  Ini merupakan sebuah tradisi Yudaisme, dimana orang-orang yahudi seringkali mengucapkan kalimat-kalimat pengagungan pada saat mereka hendak mengakhiri doa mereka.  Doxologi memiliki makna yang sangat mendalam, karena dengan dexologi kita menutup doa dengan mengakui kebesaran dan kedaulatan kehendakNya. Kita mengakui bahwa apapun jawaban doa yang akan Tuhan berikan kepada kita, pastilah hal itu yang terbaik.  Dan kita menerima jawaban doa itu dengan kerendahan hati, dan penuh penghormatan kepada Allah.

     Demikian Firman Tuhan pada pagi hari ini, semoga 

dapat menjadi berkat bagi saudara semua dan Tuhan

Yesus memberkati. -WELEM NOVI-

“Berdoalah dengan Tekun, dan Terimalah Jawabannya dengan Kerendahan  Hati”

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)