Ribka Menjadi Istri Ishak (3)

Kamis, 2 Mei 2024

Ribka Menjadi Istri Ishak (3)

Bacaan Alkitab : Kejadian 24: 10-15


Melalui kisah awal perjalanan Eliezer dalam melaksanakan tugasnya ini kita dapat melihat dua hal: pertama,  sikap batin Eliezer yang rendah hati dan ditunjukkan melalui doanya kepada Allah. Eliezer memohon keberhasilan dalam menyelesaikan tugasnya untuk menemukan istri bagi Ishak. Dan dalam setiap rencana yang dia pikirkan dan laksanakan, Eliezer beriman kepada Allah sebagai Allah yang membuat perjanjian dengan Abraham sehingga akan membuatnya berhasil melaksanakan tugas tersebut. Kedua, Allah menjawab doa Eliezer dengan segera. Pada ay. 15 dituliskan, “Sebelum ia selesai berbicara, datanglah Ribka…” menunjukkan Allah merespons Eliezer dengan segera bahkan mengatur sedemikian rupa sehingga kedatangan Ribka tepat seperti yang didoakan oleh Eliezer.

            Saudara, ada berbagai cara bagaimana Allah menjawab doa seseorang. Ada yang terjadi tepat seperti yang diharapkan dan dengan segera seperti yang dialami oleh Eliezer. Tetapi, ada juga yang memerlukan waktu agak lama sampai akhirnya doanya dijawab. Apapun jawaban Tuhan atas doa-doa kita, ingatlah bahwa Allah peduli terhadap setiap pergumulan kehidupan kita seperti: sakit penyakit yang sulit untuk disembuhkan; kebangkrutan; kekecewaan dalam hubungan; kegagalan dalam sekolah atau pekerjaan; dan lain sebagainya. Allah juga adalah Allah yang sanggup untuk memulihkan keadaan kita. Dengan demikian pada saat menanti-nantikan jawaban doa dan apakah Tuhan menjawabnya dengan segera atau tidak, percayalah dengan sepenuh hati kepada Allah yang akan memberikan yang terbaik untuk setiap kita.

            Saudara, mari sejenak merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah kita tetap mempercayai Allah akan memberikan yang terbaik saat menantikan jawaban doa kita? Bertumbuhlah dalam iman saat menantikan jawaban doa-doa kita, tetaplah bersyukur dan percaya bahwa Allah memegang kendali dalam kehidupan kita. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)