IMAN KEPADA ALLAH YANG SETIA


IMAN KEPADA  ALLAH YANG SETIA
Ibrani 11 :11-12 





Shallom  saudara semua, minggu ini kita sudah belajar tentang iman. Dan tokoh yang akan kita soroti hari ini  masih sama dengan hari kemarin yaitu Abraham dan istrinya. Di dalam ayat-ayat ini dikatakan bahwa karena iman, mereka masih tetap sabar menanti saat dimana Allah menggenapi janji –janjiNya untuk memberikan mereka keturunan. Lalu dijelaskan bahwa iman itu yang memberikan Abraham “kekuatan”. Iman untuk apa?  Dijelaskan di dalam bagian berikutnya; bahwa ia “menganggap” Allah yang berjanji adalah Allah yang setia.  Jadi iman Abraham telah mempengaruhi kekuatannya untuk menanti janji Allah. 

Saya teringat beberapa waktu lalu ketika sakit, dan saya diberikan  obat yang  harus diminum 3 x sehari selama tiga hari. Semua obat-obat itu tidak ada yang terasa enak di lidah, bahkan cederung pahit.  Tapi  dengan tekun saya tetap mengkonsumsi obat-obat tersebut. Mengapa? karena saya yakin obat-obat itu akan memberikan saya kesembuhan. Keyakinan inilah yang memberikan  saya kekuatan untuk tekun meminumnya 3 kali sehari dan sabar meskipun obat tersebut terasa pahit dilidah. 

Demikian juga dengan saudara; iman yang dimiliki oleh saudara memberikan saudara kemampuan untuk dapat bertahan ditengah situasi yang tidak menyenangkan.  Karena itu marilah kita percaya bahwa Allah Tritunggal adalah Allah yang setia, dan keyakinan itulah yang akan memberikan kekuatan pada saudara.  Jadi,  “beriman adalah tindakan yang paling masuk akal dalam menghadapi situasi yang tidak masuk akal." Amin! -Welem Novi-

Komentar

  1. Shalom untuk bapak, ibu, saudara/i semua. Mari kita bersama-sama belajar membaca Shema Yisrael yang pernah dikutip oleh Yesus ( nama IbraniNya Yeshua/ ישוע ) di dalam Injil, yang dapat kita lihat di Markus 12 : 28 yang berasal dari Ulangan 6 : 4. Kalimat Shema Yisrael ini biasa diucapkan oleh orang Yahudi dalam setiap ibadah untuk mengungkapkan iman kepada satu Tuhan yang berdaulat dalam kehidupan mereka dan pada awalnya pun orang-orang yang percaya kepada Yesus dari bangsa-bangsa bukan Yahudi juga ikut serta dalam ibadah orang Yahudi di sinagoga.

    Tanpa bermaksud untuk menyangkali keberadaan Bapa, Anak dan Roh Kudus yang juga telah berulangkali diungkapkan dalam Perjanjian Baru, berikut ini Shema Yisrael dengan huruf Ibrani dan cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa yang ada

    Huruf Ibrani, "שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד "

    Cara membacanya, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad "

    Dilanjutkan dengan mengucap berkat

    Huruf Ibrani, " בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד "

    Cara membacanya, " Barukh Shem kevod, malkuto le'olam va'ed "

    ( Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selama-lamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)