JANGAN MENGHAKIMI

JANGAN MENGHAKIMI

Matius 7:1: “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi"


 

        Shalom, selamat pagi saudara yang dikasihi Tuhan. Saya senang hari ini bisa kembali menyapa saudara dalam acara renungan pagi Spiritual Life.   Dan Pagi hari ini kita akan kembali melanjutkan renungan kita sebelum kita mulai beraktifitas.  Renungan kita di minggu ini akan membahas tentang menghakimi.  Dan ayat yang menjadi dasar perenungan kita  pada pagi hari ini terambil dari Matius 7:1.

        Saudara yang terkasih di dalam ayat ini, Tuhan Yesus mengajarkan agar kita jangan menghakimi.  Setidaknya ada dua alasan mengapa kita tidak boleh menghakimi. Yaitu.

Pertama,  karena Menghakimi bukan tugas kita.

Tuhan Yesus menasehatkan kita agar jangan menghakimi karena memang  ada orang yang bertugas untuk menghakimi, seperti misalnya hakim.  Orang-orang tersebut  telah mendalami suatu masalah dengan serius  sehingga dia dapat memberikan penilaian dengan tepat sesuai dengan fakta yang terjadi. Tapi bagi kita yang memberikan penghakiman yang terburu-buru dan tanpa pertimbangan yang matang, sangat mudah tergelincir  untuk membuat penilaian yang keliru. Karena itu Tuhan yesus mengajarkan kita untuk “jangan menghakimi”.

Kedua, supaya kita tidak dihakimi

Alasan kedua mengapa Kristus menasehatkan kita agar jangan menghakimi adalah karena peghakiman yang buru-buru akan membuat kita tergelincir ke dalam fitnah. Kita bisa saja mengatakan hal yang keliru tentang orang lain, karena kita menilainya tanpa data yang lengkap. dan karena fitnahan itu maka kita pun bisa dihakimi. Karena itu Tuhan Yesus mengajarkan  kita untuk jangan menghakimi.

Jadi berhati-hatilah untuk memberikan  penilain kita tentang orang lain. Karena penilaian yang kita berikanpun akan dihakimi.  Demikian Firman  Tuhan untuk pagi ini, semoga Firman Tuhan pagi ini memberkati saudara semua. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

-WELEM NOVI-

“Penilaian yang tergesa-gesa dapat membuat kita tergelincir ke dalam Fitnah”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan yang Benar

Kebenaran Yang Sejati

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus