MENJADI SEMPURNA

 

MENJADI SEMPURNA

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

(Matius 5:48)


Shalom saudara yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus, saya senang bisa kembali menjumpai saudara di akhir pekan ini. Dan kembali sebelum kita memulai aktivitas kita maka kita akan merenungkan Firman Tuhan terlebih dahulu. 

Firman Tuhan yang menjadi dasar perenungan kita pada pagi hari ini terambil dari injil Matius 5:48. Saudara ada dua pelajaran penting yang dapat kita pelajari dari ayat ini,  yaitu :


Pertama, Wajib melakukan Firman Tuhan dengan sempurna

       Di dalam kalimat pertama dari ayat ini Kristus menyatakan bahwa “karena itu haruslah kamu sempurna”.  Kata “sempurna” di dalam teks aslinya memiliki arti “utuh, sampai selesai, memenuhi semua kriteria, dan juga kudus”. Jadi maksud dari ayat ini adalah bahwa kita harus melakukan semua hal yang dituntut oleh hukum taurat secara sempurna. Konteks dari ayat ini adalah ajaran untuk mengasihi musuh. Kristus tahu ajaran ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh orang yahudi mengingat pengalaman pahit yang mereka alami di masa penjajahan oleh kerajaan-kerajaan besar.  Tapi Kristus berkata bahwa kita harus melakukan semua ajaranNya  secara sempurna. 

Kedua,  mampu melakukan dengan sempurna

      Hal kedua yang dapat kita pelajari dari ayat ini terletak pada kalimat kedua. Dikatakan disana “sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.". Kristus menggunakan kata “Bapamu” dan bukan “Allahmu”. Mengapa ? karena Kristus ingin menekankan tentang genologi atau asal usul dan juga kemampuan-kemampuan yang kita miliki. Artinya karena kita berasal dari Allah  yang sempurna maka kita pun memiliki kemampuan untuk melakukan semua perintah Bapa dengan sempurna.

        Jadi marilah kita melakukan semua ajaran Tuhan secara sempurna, karena kita sudah dianugrahkan kemampuan untuk melakukan  hal-hal tersebut dengan sempurna. Demikian Firman Tuhan pada pagi hari ini, biaralah firman Tuhan ini memberkati saudara semua.

-WELEM NOVI-


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan yang Benar

Kebenaran Yang Sejati

Yesus membawa pemisahan bagaimana mengikut Yesus